- IPS mengambil bahan-bahan dari ilmu-ilmu sosial
- Tidak ada keharusan bahwa semua ilmu sosial perlu diturunkan dalam setiap pokok bahasan IPS, tapi disesuaikan dengan tujuan pengajaran dan perkembangan peserta didik
- Jenjang pendidikan juga ikut menentukan jumlah dan bagian isi ilmu sosial yang akan diramu menjadi program IPS
- Kesamaannya IPS dapat disusun dengan mengaitkan atau menggabungkan berbagai unsur ilmu sosial sehingga menjadi menarik
Edgar B. Wesley (1930)
- IPS adalah ilmu-ilmu sosial yang disesuaikan dan disederhanakan guna mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran.
- Persamaan terletak pada sasaran yang diselidiki, manusia dalam kehidupan bermasyarakat.
- Perbedaan terletak pada tujuan. Ilmu sosial bertujuan memajukan dan mengembangkan ilmu masing-masing, sementara IPS tujuannya lebih bersifat pendidikan bukan menemukan teori ilmu sosial.
Pengertian IPS
n Kajian
mengenai manusia dengan segala aspeknya dalam sistem kehidupan bermasyarakat
n Mengkaji
bagaimana manusia hidup bersama manusia lainnya.
n Mengkaji
bagaimana mereka bergerak, bagaimana mereka memenuhi kebutuhan hidupnya, dll.
n Yang
menjadi bahan kajian atau bahan belajar dalam IPS adalah keseluruhan tentang
manusia.
n Untuk
menghadapi kompleksitas kehidupan, peserta didik harus mampu memadukan dari
semua ilmu-ilmu sosial
n Diperlukan
juga bahan-bahan yang berasal dari ilmu-ilmu alam dan humaniora sebagai materi
pendukung
n Kompleksitas
di Indonesia bukan saja karena tuntutan perkembangan ilmu dan teknologi, tapi
juga kompleksitas kemajemukan masyarakat Indonesia
Tujuan IPS
- Mengembangkan kemampuan dan keterampilan agar siswa mampu hidup selaras, serasi dan seimbang di lingkungannya.
- Gejala dan masalah yang ada pada lingkungan siswa dapat dijadikan stimulan untuk dapat menarik perhatian siswa dalam proses belajar mengajar.
- Dalam pengajaran IPS masyarakat merupakan sumber belajar dan materi utama serta sekaligus menjadi laboratorium
- Melalui pengajaran IPS diharapkan terbinanya warga negara yang peka terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat, memiliki sikap mental yang positif terhdap segala ketimpangan yang terjadi, dan terampil mengatasi masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya maupun yang melanda kehidupan masyarakat.
Tujuan pembelajaran IPS
n Kognitif
Memperoleh
pengetahuan, pengertian, intelegensi, dan keterampilan berpikir siswa.
n
Afektif
Menekankan
pada perasaan, emosi, dan derajat penerimaan atau penolakan siswa terhadap
materi pembelajaran IPS
n
Psikomotor
Menekankan
pada keterampilan/perilaku sebagai warga negara yang diharapkan diperoleh
setelah belajar IPS
n
Fenton (1967:1):
Pengajaran
pendidikan IPS adalah mengantarkan anak menjadi warga negara yang baik,
mengajar anak bagaimana berpikir, dan dengan pengajaran IPS dapat menyampaikan
warisan kebudayaan kepada anak
Fungsi pendidikan IPS
- Membentuk dan meneruskan nilai-nilai moral
- Membentuk watak dan mental manusia Indonesia
- Membentuk dan meningkatkan kecerdasan individu dan masyarakat
Pendidikan
IPS seharusnya menitikberatkan kepada cara-cara yang dapat menumbuhkembangkan
inisiatif, kreativitas, intelektualitas, dan watak pribadi.
Guru dan
lingkungan belajar yang ada diharapkan mendorong dan mengarahkannya
Konsep Dasar Disiplin Ilmu Generalisasi IPS
Geografi Studi tentang penyebaran
gejala-gejala pada ruang bumi
Lokasi Lokasi
di permukaan bumi ditentukan oleh kondisi alam, tata lingkungan, sumber daya
Ekonomi Studi tentang
usaha manusia untuk mencapai kemakmuran serta gejala-gejala yang timbul dari usaha tersebut
Kelangkaan Sumber daya
terbatas, kebutuhan tidak
Sejarah Studi
tentang cara penduduk, kelompok manusia dilihat dari kurun waktu masa lalu
Manusia Umat
manusia adalah hasil dari masa lalu
Mengapa perlu IPS di tingkat
dasar dan menengah?
dasar dan menengah?
- Siswa berasal dari masyarakat dengan warna lingkungan tersendiri.
- Siswa dapat belajar mengenali manusia dan masyarakat melalui media cetak dan elektronika, bukan hanya melalui sekolah
- Perlu dikemas informasi yang datang dari luar (sekolah) melalui wahana sekolah sehingga informasi yang diterima menjadi lebih bermakna
Pengajaran IPS pada pendidikan dasar dan menengah ditempuh
dengan cara mengenalkan masalah-masalah sosial melalui pengetahuan,
keterampilan, sikap, dan kepekaan untuk menghadapi dan memecahkan
permasalahan-permasalahan sosial.
Rasionalisasi mempelajari IPS untuk jenjang dasar dan
menengah:
l Mensistematiskan
bahan, informasi, dan atau kemampuan yang telah dimiliki tentang manusia dan
lingkungannya menjadi lebih bermakna
l Lebih
peka dan tanggap terhadap berbagai masalah sosial secara rasional dan bertanggungjawab
l Mempertinggi
rasa toleransi dan persaudaraan di lingkungan sendiri dan antar manusia
Melalui IPS diharapkan akan terbentuk pelaku-pelaku
sosial yang memiliki karakterisitik:
• Dimensi
Personal, yaitu: berbudi luhur, berkepribadian, bekerja keras, tangguh,
bertanggungjawab, mandiri, sehat jasroh.
• Dimensi
Sosial, yaitu: cinta tanah air, semangat kebangsaan dan kesetiakawanan yang
kokoh.
• Dimensi
spiritual, yaitu: beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
• Dimensi
Intelektual, yaitu: cerdas dan terampil
Untuk pengajaran IPS
di sekolah-sekolah diperlukan guru yang profesional dalam bidang ke-IPS-an.
Menjadi tugas LPTK (UNY), khususnya FISE untuk mencetak guru-guru yang
profesional tersebut
follow: @ardimoviz
nice info makasih gan kunjung balik ada penawaran serius bagi anda yang mengalami berbagai penyakit berat
ReplyDeleteGolden Gamat