JAWABAN MID SEMESTER IPS
Bagian A
1.
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) penting untuk
diberikan kepada peserta didik di tingkat sekolah dasar dan menengah karena:
a)
Siswa berasal dari masyarakat dengan wana lingkungan
tersendiri
b)
Siswa dapat belajar mengenali manusia dan masyarakat
melalui media cetak dan elektronika, bukan hanya melalui sekolah
c)
Perlu dikemas informasi yang datang dari luar sekolah
melalui wahana sekolah sehingga informasi yang diterima menjadi lebih bermakna
d)
Siswa dapat mengenali masalah-masalah sosial melalui
pengetahuan, keterampilan, sikap, dan kepekaan untuk menghadapi dan memecahkan
permasalahan-parmasalahan sosial
2.
Keterkaitan antara pendidikan IPS dengan ilmu-ilmu
sosial yang lain:
Ø IPS
mengambil bahan-bahan dari ilmu-ilmu sosial
Ø Tidak
ada keharusan bahwa semua ilmu perlu diturunkan dalam setiap pokok bahasan IPS,
tapi disesuaikan dengan tujuan pengajaran dan perkembangan pesrta didik
Ø Jenjang
pendidikan juga ikut menentukan dan bagian isi ilmu sosial yang diramu menjadi
program IPS
Ø Kesamaannya
IPS dapat disusun dengan mengaitkan atau menggabungkan berbagai unsur ilmu
sosial sehingga menjadi menarik
·
Persamaan Pendidikan IPS dengan
ilmu-ilmu sosial lain terletak pada sasaran yang diselidiki yaitu sama-sama
menyelidiki manusia dalam kehidupan bermasyarakat.
·
Perbedaannya terletak pada tujuan. Pada
ilmu sosial bertujuan memajukan dan mengembangkan ilmu masing-masing. Misal,
ilmu sejarah yang hanya mempelajari peristiwa yang terjadi pada masa lampau,
dan tidak mengaitkan/memasukkan ilmu sosial lain seperti geografi, ekonomi,
antropologi, dll. Sementara IPS tujuannya lebih bersifat pendidikan bukan menemukan
teori ilmu sosial. Misalnya, peristiwa banjir bukan sekadar masalah geografi,
tetapi juga masalah ekonomi, sosial, kesehatan dan lain-lain. Jadi IPS mengkaji
mengenai manusia dengan segala aspeknya dalam sistem kehidupan bermasyarakat.
3.
Contoh-contoh konsep IPS yang diambil
dari ilmu-ilmu sosial untuk tujuan pengajaran di sekolah:
Konsep Dasar Disiplin Ilmu Generalisasi
IPS
a. Geografi Studi
tentang penyebaran gejala-gejala pada ruang bumi
Lokasi Lokasi
di permukaan bumi ditentukan oleh kondisi alam, tata lingkungan, sumber daya
b. Ekonomi Studi tentang usaha manusia untuk mencapai kemakmuran serta gejala-gejala yang timbul dari usaha tersebut
Kelangkaan Sumber daya terbatas, kebutuhan tidak
c. Sejarah Studi tentang
cara penduduk, kelompok manusia dilihat dari kurun waktu masa lalu
Manusia
Umat manusia adalah hasil dari masa lalu
4.
Menurut saya seharusnya konsep IPS
terpadu itu bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar peka
terhadap masalah sosial yang terjadi di
masyarakat. Melalui pembelajaran IPS yang terpadu siswa dapat memperoleh
pengalaman langsung sehingga siswa
berlatih menemukan sendiri berbagai konsep yang dipelajari secara holistik,
bermakna, otentik, dan aktif terhadap kebermaknaan pengalaman siswa.
Pembelajaran IPS selama ini belum menunjukkan adanya keterpaduan krena sebagian
besar dilaksanakan secara terpisah . Pencapaian standar kompetensi dan
kompetensi dasar mata pelajaran IPS masih dilakukan sesuai dengan kajian
masing-masing tanpa ada keterpaduan didalamnya. Hal itu sangat menghambat
ketercapaian tujuan IPS itu sendiri yang dirumuskan atas dasar realitas dan
fenomena sosial di masyarakat. Sistem pembelajaran IPS di Indonesia saat ini
jauh ketinggalan dibandingkan dengan negara lain. Misalnya, di Jepang pelajaran
IPS di berikan melalui survey lapangan sesuai dengan masalah aktual yang
terjadi di masyarakat. Sedangkan di Indonesia terjebak pada pola hafalan saja.
Untuk itu sistem pembelajaran IPS saat ini harus diubah agar konsep IPS menjadi
terpadu, sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi masyarakat saat ini.
5.
Menurut saya pangembangan kurikulum IPS
yang menumbuhkan sikap demokratis siswa dan dapat menghargai pluralitas
(kemajemukan ) di Indonesia
harus mencakup semua pengalaman siswa yang diperoleh dibawah bimbingan sekolah.
Kurikulum IPS saat ini tidak menggambarkan satu kesatuan yang terintegrasi,
melainkan masih terpisah-pisah antar bidang ilmu-ilmu sosial maka perlu
diadakan pengorganisasian terhadap semua mata pelajaran IPS. Kurikulum IPS juga
harus memuat bahan yang sesuai dengan institusional dan tujuan pendidikan
nasional. Didalamnya hendaknya memuat bahan yang yang memungkinkan siswa dapat
berfikir kritis dan membekali siswa dengan kemampuan melakukan analisis sosial.
Pengembangan kurikulum IPs hendaknya berisikan garis-garis besar struktur
disiplin almu dan model perilaku manusia yang tumbuh dalam masyarakat. Guru
juga memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan kurikulum IPS. Guru harus menerapkan
keteladanan dengan menyisipkan nilai-nilai moral sehingga terbentuk karakter
pada diri siswa. Guru juga harus menerapkan metode belajar yang kontekstual.
Guru sebaiknya menuntut siswa agar selalu aktif sehingga siswa dapat berfikir
kritis karena banyak masalah-masalah sosial yang tidak mempunyai jawaban
tertentu. Maka dengan itu semua pengembangan kurikulum IPS dapat menumbuhkan
sikap demokratis siswa dan dapat menghargai pluralitas di Indonesia.
Bandar Bola Dengan Pasaran Terbaik Indonesia Hadir Dalam Android, Iphone, dan Laptop
ReplyDeleteTersedia Pasaran Sbobet - Maxbet - 368Bet
Bonus Deposit Pertama 10% / Cashback 5% - 10%
Yuk Gabung Bersama Bolavita Di Website www. bolavita .fun
Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
BBM: BOLAVITA
WA: +628122222995
https://bolavitasport.news/2019/02/18/prediksi-bola-chelsea-vs-manchester-united-19-februari-2019/
https://www.judisabungayam.co/jadwal-pertandingan-sv388-kungfuchicken-online-19-februari-2019