a. Pengertian Metode
Mengajar
Metode
mengajar merupakan salah satu komponen
penting dalam pembelajaran, kegiatan yang menghasilkan interaksi unsur - unsur
manusiawi adalah sebagai suatu proses dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.
Menurut Winarno Surakhmad (2002: 148) metode mengajar adalah cara – cara
pelaksanaan dari proses suatu pengajaran, atau sebagaimana teknisnya suatu
bahan pelajaran di berikan kepada siswa- siswa di sekolah. Metode mengajar
adalah cara yang digunakan guru dalam
mengadakan hubungan dengan siswa pada saat belangsungnya pengajaran (Nana
Sudjana, 1987:76).
Metode
mengajar adalah teknik penyajian yang digunakan oleh guru untuk mengajar atau
menyajikan bahan pelajaran kepada siswa di kelas agar pelajaran tersebut
ditangkap, dipahami, dan digunakan oleh siswa dengan baik. Metode mengajar
untuk menyapaikan informasi kepada siswa akan berbeda dengan cara – cara yang
memantapkan siswa dalam menguasai pengetahuan, ketrampilan dan sikap (Roes N.K
dan Yumiati Suharto, 2001:1).
Menjadi guru yang kreatif, profesional
dan menyenangkan dituntut untuk memiliki kemampuan mengembangkan pendekatan dan
memilih metode pembelajaran yang efektif, hal ini penting terutama untuk
menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Cara guru melakukan suatu kegaiatan
pembelajaran mungkin memerlukan pendekatan dan metode yang berbeda dengan
pembelajaran lainnya.
Berdasarkan definisi di atas maka
dapat disimpulkan bahwa metode mengajar adalah cara – cara yang digunakan dalam
proses pengajaran di kelas sehingga mempermudah siswa dalam memahami materi
pelajaran yang optimal, penggunaan metode mengajar harus disesuaikan dengan
dengan konteks belajar dan tujuan yang akan dicapai. Metode mengajar guru
merupakan cara untuk melakukan aktivitas yang sistematis dari sebuah lingkungan
yang terdiri dari guru dan siswa untuk saling berinteraksi dalam melakukan
suatu kegiatan sehingga proses kegiatan
belajar mengajar berjalan dengan baik dalam arti tujuan pengajaran tercapai. Peran
guru di kelas sebagai implikasi dari proses pembelajaran yang optimal adalah
sebagai fasilitator yang mampu mengembangkan kemampuan belajar anak. Dengan
kata lain guru harus menguasai berbagai metode mengajar untuk menyampaikan materi
pelajaran bagi siswa.
b.
Jenis – Jenis Metode Mengajar
Begitu banyak metode mengajar
yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Syaiful Bahri Djamara dan Aswan
Zain (2006: 83-98), menyebutkan macam – macam metode mengajar antara lain:
metode proyek, metode eksperimen, metode tugas dan resitasi, metode diskusi,
metode demontrasi, metode Problem
Solving, metode karyawisata, metode tanya jawab, metode latihan, metode ceramah,
metode studi kasus.
c.
Manfaat Metode Mengajar
Dalam mengajar suatu pokok bahasan
(materi) tertentu harus dipilih metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan
yang akan dicapai. Oleh karena itu dalam memilih suatu metode pembelajaran
harus memiliki beberapa pertimbangan misalnya materi pembelajaran, tingkat
perkembangan kongnitif siswa, dan sasaran atau fasilitas yang tersedia,
sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat tercapai.
Dalam proses belajar mengajar,
metode mengajar mempunyai manfaat yang besar. Prestasi belajar siswa akan
ditentukan oleh penggunaan metode yang tepat yang sesuai dengan tujuan
pembelajaran. dengan tercapainya tujuan pembelajaran, maka akan dapat dikatakan
bahwa guru telah berhasil dalam mengajar. Keberhasilan suatu pembelajaran akan
dapat diketahui setelah diadakan evaluasi yang sesuai dengan rumusan
pembelajaran.
Daftar Pustaka
Nana Sudjana.(1987). Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : CV.
Sinar Baru
Roes N.K dan Yumiati Suharto, (2001.) Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta : Bina Aksara
Syaiful Bahri Djamara dan Drs Aswan Zain . (2006) Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta
Winarto Surakhmad.
(2006). Pengantar Interaksi Belajar.
Bandung : Tarsito
Semoga Bermanfaat
No comments:
Post a Comment