Senin, 09 Juli 2012

Materi IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Keterkaitan IPS dan Ilmu-ilmu Sosial

  • IPS mengambil bahan-bahan dari ilmu-ilmu sosial
  • Tidak ada keharusan bahwa semua ilmu sosial perlu diturunkan dalam setiap pokok bahasan IPS, tapi disesuaikan dengan tujuan pengajaran dan perkembangan peserta didik
  • Jenjang pendidikan juga ikut menentukan jumlah dan bagian isi ilmu sosial yang akan diramu menjadi program IPS
  • Kesamaannya IPS dapat disusun dengan mengaitkan atau menggabungkan berbagai unsur ilmu sosial sehingga menjadi menarik

Edgar B. Wesley (1930)

  • IPS adalah ilmu-ilmu sosial yang disesuaikan dan disederhanakan guna mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran.
  • Persamaan terletak pada sasaran yang diselidiki, manusia dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Perbedaan terletak pada tujuan. Ilmu sosial bertujuan memajukan dan mengembangkan ilmu masing-masing, sementara IPS tujuannya lebih bersifat pendidikan bukan menemukan teori ilmu sosial.

Pengertian IPS
n  Kajian mengenai manusia dengan segala aspeknya dalam sistem kehidupan bermasyarakat
n  Mengkaji bagaimana manusia hidup bersama manusia lainnya.
n  Mengkaji bagaimana mereka bergerak, bagaimana mereka memenuhi kebutuhan hidupnya, dll.
n  Yang menjadi bahan kajian atau bahan belajar dalam IPS adalah keseluruhan tentang manusia.
n  Untuk menghadapi kompleksitas kehidupan, peserta didik harus mampu memadukan dari semua ilmu-ilmu sosial
n  Diperlukan juga bahan-bahan yang berasal dari ilmu-ilmu alam dan humaniora sebagai materi pendukung
n  Kompleksitas di Indonesia bukan saja karena tuntutan perkembangan ilmu dan teknologi, tapi juga kompleksitas kemajemukan masyarakat Indonesia

Tujuan IPS

  • Mengembangkan kemampuan dan keterampilan agar siswa mampu hidup selaras, serasi dan seimbang di lingkungannya.
  • Gejala dan masalah yang ada pada lingkungan siswa dapat dijadikan stimulan untuk dapat menarik perhatian siswa dalam proses belajar mengajar.
  • Dalam pengajaran IPS masyarakat merupakan sumber belajar dan materi utama serta sekaligus menjadi laboratorium
  • Melalui pengajaran IPS diharapkan terbinanya warga negara yang peka terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat, memiliki sikap mental yang positif terhdap segala ketimpangan yang terjadi, dan terampil mengatasi masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya maupun yang melanda kehidupan masyarakat.

Tujuan pembelajaran IPS
n  Kognitif  
            Memperoleh pengetahuan, pengertian, intelegensi, dan keterampilan berpikir siswa.
n  Afektif
            Menekankan pada perasaan, emosi, dan derajat penerimaan atau penolakan siswa terhadap materi pembelajaran IPS
n  Psikomotor
            Menekankan pada keterampilan/perilaku sebagai warga negara yang diharapkan diperoleh setelah belajar IPS
n  Fenton (1967:1):
            Pengajaran pendidikan IPS adalah mengantarkan anak menjadi warga negara yang baik, mengajar anak bagaimana berpikir, dan dengan pengajaran IPS dapat menyampaikan warisan kebudayaan kepada anak

Fungsi pendidikan IPS
  • Membentuk dan meneruskan nilai-nilai moral
  • Membentuk watak dan mental manusia Indonesia
  • Membentuk dan meningkatkan kecerdasan individu dan masyarakat
            Pendidikan IPS seharusnya menitikberatkan kepada cara-cara yang dapat menumbuhkembangkan inisiatif, kreativitas, intelektualitas, dan watak pribadi.
            Guru dan lingkungan belajar yang ada diharapkan mendorong dan mengarahkannya
Konsep Dasar Disiplin Ilmu      Generalisasi IPS

Geografi                                        Studi tentang penyebaran gejala-gejala pada ruang bumi
Lokasi                                            Lokasi di permukaan bumi ditentukan oleh kondisi alam, tata lingkungan, sumber daya
Ekonomi                                       Studi tentang usaha manusia untuk mencapai kemakmuran serta gejala-gejala  yang timbul dari usaha tersebut
Kelangkaan                                   Sumber daya terbatas, kebutuhan tidak
Sejarah                                          Studi tentang cara penduduk, kelompok manusia dilihat dari kurun waktu masa lalu
Manusia                                       Umat manusia adalah hasil dari masa lalu



Mengapa perlu IPS di tingkat
dasar dan menengah?

  • Siswa berasal dari masyarakat dengan warna lingkungan tersendiri.
  • Siswa dapat belajar mengenali manusia dan masyarakat melalui media cetak dan elektronika, bukan hanya melalui sekolah
  • Perlu dikemas informasi yang datang dari luar (sekolah) melalui wahana sekolah sehingga informasi yang diterima menjadi lebih bermakna
Pengajaran IPS pada pendidikan dasar dan menengah ditempuh dengan cara mengenalkan masalah-masalah sosial melalui pengetahuan, keterampilan, sikap, dan kepekaan untuk menghadapi dan memecahkan permasalahan-permasalahan sosial.
Rasionalisasi mempelajari IPS untuk jenjang dasar dan menengah:
l  Mensistematiskan bahan, informasi, dan atau kemampuan yang telah dimiliki tentang manusia dan lingkungannya menjadi lebih bermakna
l  Lebih peka dan tanggap terhadap berbagai masalah sosial secara rasional dan bertanggungjawab
l  Mempertinggi rasa toleransi dan persaudaraan di lingkungan sendiri dan antar manusia
Melalui IPS diharapkan akan terbentuk pelaku-pelaku sosial yang memiliki karakterisitik:
      Dimensi Personal, yaitu: berbudi luhur, berkepribadian, bekerja keras, tangguh, bertanggungjawab, mandiri, sehat jasroh.
      Dimensi Sosial, yaitu: cinta tanah air, semangat kebangsaan dan kesetiakawanan yang kokoh.
      Dimensi spiritual, yaitu: beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
      Dimensi Intelektual, yaitu: cerdas dan terampil
Untuk pengajaran IPS di sekolah-sekolah diperlukan guru yang profesional dalam bidang ke-IPS-an. Menjadi tugas LPTK (UNY), khususnya FISE untuk mencetak guru-guru yang profesional tersebut

 follow: @ardimoviz

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
;