Tuesday 14 August 2012

Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving Method)


a. Pengertian Metode Pemecahan Masalah (Problem solving Method)
Metode pemecahan masalah (problem solving) adalah penggunaan metode dalam kegiatan pembelajaran dengan jalan melatih siswa menghadapi berbagai masalah baik itu masalah pribadi atau perorangan maupun masalah kelompok untuk dipecahkan sendiri atau secara bersama-sama.
Penyelesaian masalah merupakan proses dari menerima tantangan dan usaha – usaha untuk menyelesaikannya sampai menemukan penyelesaiannya. menurut Syaiful  Bahri Djamara (2006 : 103) bahwa:
Metode problem solving (metode pemecahan masalah) bukan hanya sekedar metode mengajar tetapi juga merupakan suatu metode berfikir, sebab dalam problem solving dapat menggunakan metode lain yang dimulai dari mencari data sampai kepada menarik kesimpulan.

Menurut N.Sudirman (1987:146) metode problem solving adalah cara penyajian bahan pelajaran dengan menjadikan masalah sebagai titik tolak pembahasan untuk dianalisis dan disintesis dalam usaha untuk mencari pemecahan atau jawabannya oleh siswa. Sedangkan menurut  Gulo (2002:111) menyatakan bahwa problem solving adalah metode yang mengajarkan penyelesaian masalah dengan memberikan penekanan pada terselesaikannya suatu masalah secara menalar.
Senada dengan pendapat diatas Sanjaya (2006:214) menyatakan pada metode pemecahan masalah, materi pelajaran tidak terbatas pada buku saja tetapi juga bersumber dari peristiwa – peristiwa tertentu sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Ada beberapa  kriteria pemilihan bahan pelajaran untuk metode pemecahan masalah yaitu:
a)      Mengandung isu – isu yang mengandung konflik bias dari berita, rekaman video dan lain – lain
b)      Bersifat familiar dengan siswa
c)      Berhubungan dengan kepentingan orang banyak
d)     Mendukung tujuan atau kompetensi yang harus dimiliki siswa sesuai kurikulum yang berlaku
e)      Sesuai dengan minat siswa sehingga siswa merasa perlu untuk mempelajari

Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari  metode pemecahan masalah banyak digunakan guru bersama dengan penggunaan metode lainnya. Dengan metode ini guru tidak memberikan informasi dulu  tetapi informasi diperoleh siswa setelah memecahkan masalahnya. Pembelajaran pemecahan masalah berangkat dari masalah yang harus dipecahkan melalui praktikum atau pengamatan.
Suatu soal dapat dipandang sebagai “masalah” merupakan hal yang sangat relatif. Suatu soal yang dianggap sebagai masalah bagi seseorang, bagi orang lain mungkin hanya merupakan hal yang rutin belaka. Dengan demikian, guru perlu berhati-hati dalam menentukan soal yang akan disajikan sebagai pemecahan masalah. Bagi sebagian besar guru untuk memperoleh atau menyusun soal yang benar-benar bukan merupakan masalah rutin bagi siswa mungkin termasuk pekerjaan yang sulit. Akan tetapi hal ini akan dapat diatasi antara lain melalui pengalaman dalam menyajikan soal yang bervariasi baik bentuk, tema masalah, tingkat kesulitan, serta tuntutan kemampuan intelektual yang ingin dicapai atau dikembangkan pada siswa.
Pembelajaran problem solving merupakan bagian dari pembelajaran berbasis masalah (PBL). Menurut Arends (2008 : 45) pembelajaran berdasarkan masalah merupakan suatu pendekatan pembelajaran di mana siswa mengerjakan permasalahan yang otentik dengan maksud untuk menyusun pengetahuan mereka sendiri.
Pada pembelajaran berbasis masalah siswa dituntut untuk melakukan pemecahan masalah-masalah yang disajikan dengan cara menggali informasi sebanyak-banyaknya, kemudian dianalisis dan dicari solusi dari permasalahan yang ada. Solusi dari permasalahan tersebut tidak mutlak mempunyai satu jawaban yang benar artinya siswa dituntut pula untuk belajar secara kritis. Siswa diharapkan menjadi individu yang berwawasan luas serta mampu melihat hubungan pembelajaran dengan aspek-aspek yang ada di lingkungannya.
Dari pendapat di atas maka dapat disimpulkan metode pembelajaran problem solving adalah suatu penyajian materi pelajaran yang menghadapkan siswa pada persoalan yang harus dipecahkan atau diselesaikan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam pembelajaran ini siswa di haruskan melakukan penyelidikan otentik untuk mencari penyelesaian terhadap masalah yang diberikan. Mereka menganalisis dan mengidentifikasikan masalah, mengembangkan hipotesis, mengumpulkan dan menganalisis informasi dan membuat kesimpulan.
b.Manfaat dan Tujuan dari  Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving Method)
 Manfaat dari penggunaan metode problem solving pada proses belajar mengajar untuk mengembangkan pembelajaran yang lebih menarik. Menurut Djahiri (1983:133) metode problem solving memberikan beberapa manfaat antara lain :
a)         Mengembangkan sikap keterampilan siswa dalam memecahkan permasalahan, serta dalam mengambil kepuutusan secara objektif dan mandiri
b)         Mengembangkan kemampuan berpikir para siswa, anggapan yang menyatakan bahwa kemampuan berpikir akan lahir bila pengetahuan makin bertambah
c)         Melalui inkuiri atau problem solving kemampuan berpikir tadi diproses dalam situasi atau keadaan yang bener – bener dihayati, diminati siswa serta dalam berbagai macam ragam altenatif
d)        Membina pengembangan sikap perasaan (ingin tahu lebih jauh) dan cara berpikir objektif – mandiri, krisis – analisis baik secara individual maupun kelompok

Berhasil tidaknya suatu pengajaran bergantung kepada suatu tujuan yang hendak dicapai. Tujuan dari pembelajaran problem solving adalah sebagai berikut.
1)      Siswa menjadi terampil menyeleksi informasi yang relevan kemudian menganalisisnya dan akhirnya meneliti kembali hasilnya.
2)      Kepuasan intelektual akan timbul dari dalam sebagai hadiah intrinsik bagi siswa.
3)       Potensi intelektual siswa meningkat.
4)      Siswa belajar bagaimana melakukan penemuan dengan melalui proses melakukan penemuan.
c. Langkah – Langkah Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving Method)
Penyelesaian masalah menurut J.Dewey dalam bukunya W.Gulo (2002:115) dapat dilakukan melalui enam tahap  yaitu
Tahap – Tahap
Kemampuan yang diperlukan
1)      Merumuskan masalah
Mengetahui dan merumuskan masalah secara jelas
2)      Menelaah masalah
Menggunakan pengetahuan untuk memperinci menganalisa masalah dari berbagai sudut
3)      Merumuskan hipotesis
Berimajinasi dan menghayati ruang lingkup, sebab – akibat dan alternative penyelesaian
4)      Mengumpulkan dan mengelompokkan data sebagai bahan pembuktian hipotesis
Kecakapan mencari dan menyusun data menyajikan data dalam bentuk diagram,gambar dan tabel
5)      Pembuktian hipotesis 
Kecakapan menelaah dan membahas data, kecakapan menghubung – hubungkan dan menghitung
Ketrampilan mengambil keputusan dan kesimpulan
6)      Menentukan pilihan penyelesaian
Kecakapan membuat altenatif penyelesaian kecakapan dengan memperhitungkan akibat yang terjadi pada setiap pilihan

Penyelesaian masalah Menurut David Johnson dan Johnson dapat dilakukan melalui kelompok dengan prosedur penyelesaiannya dilakukan sebagai berikut (W.Gulo 2002 : 117):
1.      Mendifinisikan Masalah
Mendefinisikan masalah di kelas dapat dilakukan sebagai berikut:
a)Kemukakan kepada siswa peristiwa yang bermasalah, baik melalui bahan tertulis maupun secara lisan, kemudian minta pada siswa untuk merumuskan masalahnya dalam satu kalimat sederhana (brain stroming). Tampunglah setiap pendapat mereka dengan menulisnya dipapan tulis tanpa mempersoalkan tepat atau tidaknya, benar atau salah pendapat tersebut.
b)   Setiap pendapat yang ditinjau dengan permintaan penjelasan dari siswa yang bersangkutan. Dengan demikian dapat dicoret beberapa rumusan yang kurang relevan. Dipilih rumusan yang tepat, atau dirumuskan kembali (rephrase, restate) perumusan – perumusan yang kurang tepat. akhirnya di kelas memilih satu rumusan yang paling tepat dipakai oleh semua. 
2.      Mendiagnosis  masalah
Setelah berhasil merumuskan masalah langkah berikutnya ialah membentuk kelompok kecil, kelompok ini yang akan mendiskusikan sebab – sebab timbulnya masalah
3.   Merumuskan Altenatif Strategi
Pada tahap ini kelompok mencari dan menemukan berbagai altenatif tentang cara penyelesaikan masalah. Untuk itu kelompok harus kreatif, berpikir divergen, memahami pertentangan diantara berbagai ide, dan memiliki daya temu yang tinggi
4.   Menentukan dan menerapkan Strategi
Setelah berbagai altenatif ditemukan kelompok, maka dipilih altenatif mana yang akan dipakai. Dalam tahap ini kelompok menggunakan pertimbangan- pertimbangan yang cukup cukup kritis, selektif, dengan berpikir kovergen
5.   Mengevaluasi Keberhasilan Strategi
Dalam langkah terakhir ini kelompok mempelajari :
(1). Apakah strategi itu berhasil (evaluasi proses)?
(2). Apakah akibat dari penerapan strategi itu (evaluasi hasil) ?

Berdasarkan pendapat para ahli, maka dapat disimpulkan langkah – langkah yang harus diperhatikan oleh guru dalam memberikan pembelajaran problem solving sebagai berikut:
1.      Merumuskan masalah
Dalam merumuskan masalah kemampuan yang diperlukan adalah kemampuan mengetahui dan merumuskan suatu masalah.
2.      Menelaah masalah
 Dalam menelaah masalah kemampuan yang diperlukan adalah menganalisis dan merinci masalah yang diteliti dari berbagai sudut.
3.      Menghimpun dan mengelompokkan data sebagai bahan pembuktian hipotesis
Menghimpun dan mengelompokkan data adalah memperagakan data dalam bentuk bagan, gambar, dan lain-lain sebagai bahan pembuktian hipotesis.
4.      Pembuktian hipotesis
Dalam pembuktian hipotesis kemampuan yang diperlukan adalah kecakapan menelaah dan membahas data yang telah terkumpul.
5.      Menentukan pilihan pemecahan masalah dan keputusan
Dalam menentukan pilihan pemecahan masalah dan keputusan kemampuan yang diperlukan adalah kecakapan membuat alternatif pemecahan, memilih alternatif pemecahan dan keterampilan mengambil keputusan.
d.  Kelebihan dan Kekurangan Pemecahan Masalah (Problem Solving Method)
Pembelajaran problem solving ini memiliki keunggulan dan kelemahan. Adapun keunggulan model pembelajaran problem solving diantaranya yaitu melatih siswa untuk mendesain suatu penemuan, berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang di hadapi secara realistis, mengidentifikasi dan melakukan penyelidikan, menafsirkan dan mengevaluasi hasil pengamatan, merangsang perkembangan kemajuan berpikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, serta dapat membuat pendidikan sekolah lebih relevan dengan kehidupan khususnya dunia kerja.
Sementara kelemahan model pembelajaran problem solving itu sendiri seperti beberapa pokok bahasan sangat sulit untuk menerapkan metode ini. Misalnya terbatasnya alat-alat laboratorium menyulitkan siswa untuk melihat dan mengamati serta akhirnya dapat menyimpulkan kejadian atau konsep tersebut. Dalam pembelajaran problem solving ini memerlukan alokasi waktu yang lebih panjang dibandingkan dengan metode pembelajaran yang lain.

Daftar Pustaka 

Arends, Richard I. (2008) . Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. (Edisi Ketujuh/ Buku Dua). Terjemahan Helly Pajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
 
Dhajiri, Ahmad Kosasih. (1985). Strategi Pengajaran Afektif-Nilai-Moral-VCT dan Games dalam VTC. Bandung : Jurusa PMPKn IKIP
Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Grasindo
Sardiman. (1996). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grafindo.
Sudirman,dkk.(1987.)Ilmu Pendidikan. Bandung: Remadja Karya
Syaiful Bahri Djamara dan Drs Aswan Zain . (2006) Strategi Belajar Mengajar,  Jakarta : Rineka Cipta

SEMOGA BERMANFAAT

110 comments:

  1. artikelnya bagus.. makasih min :-bd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika anda butuh nomor togel 2D 3D 4D di jamin tembus 100% silahkan tlp Aki Danis Wara di nmr hp beliau 085-322-061-788 terimah kasih

      Delete
  2. makasih ya. aku jadi dapat referensi

    ReplyDelete
  3. makasih banyak atas infonya... aku jadi lebih paham tentang metode solving

    ReplyDelete
  4. makasih banyak atas infonya... aku jadi lebih paham tentang metode solving

    ReplyDelete
  5. Sangat membantu terimakasih banyak ya... izin ambil

    ReplyDelete
  6. Terima kasih infonya,..
    prolem solving

    http://kris-kebumen.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. Bagus banget ni Min, tp sayang ga bisa d download

    ReplyDelete
  8. Tulisan anda sangat bermanfaat. trims ya

    ReplyDelete
  9. Terimakasih tulisannya menginspirasi..

    ReplyDelete
  10. Makasih Banyak Kawan semoga panjang umur sehat selalu, turut berduka cita

    ReplyDelete
  11. Makasih Banyak Kawan semoga panjang umur sehat selalu, turut berduka cita

    ReplyDelete
  12. Jika anda termasuk seorang pemain yang ingin mengetahui bermain Login Sbobet Mobile menggunakan smartphone, maka kami memastikan anda sudah berada di tempat yang benar. Karena pada saat ini kami akan menjelaskan tentang sbobet mobile. Dimana sbobet mobile ini sengaja di rancang khusus untuk anda dan kami juga berharap anda bisa dapat merasakan kenyamanan dalam menikmati pengalaman bermain judi bola sbobet mobile dengan smartphone anda inilah beberapa cara yang harus anda ikuti dalam menggunakan sbobet mobile.

    ReplyDelete
  13. Sbobet 2019 Latest Link - At the moment the latest sbobet alternative link is one of the most sought after online gambling players, especially in Indonesia.

    link sbobet

    ReplyDelete
  14. Makasih. Ijin copas ya

    ReplyDelete
  15. So... Great, Nice We Have A Knowladge People Sbobet.onl

    ReplyDelete
  16. Agen Togel Terpercaya
    Agen Judi Online
    Situs Judi Online Terpercaya
    Agen Casino Online Terpercaya
    Agen Slot Online Terpercaya
    Sabung Ayam Online
    Agen Judi Bola
    Bandal Togel Online

    WA : 085222555128
    FACEBOOK : ANAAPOOKERR

    ReplyDelete
  17. Halo Gan, mampir ke situs kami gan untuk melihat prediksi togel akurat hari ini, kami memiliki 2 prediksi setiap hari yaitu prediksi hongkong dan prediksi togel singapore. Semua prediksi togel kami 89% akurat gan. Dapat anda buktikan sendiri https://prediksisgp45.vip/
    Prediksi Togel Akurat Singapore
    Prediksi Togel Akurat Hongkong

    ReplyDelete
  18. halo gan kunjungi situs saya untuk melihat wanita cantik sexy dan bohay tanpa busana, kami memiliki beberapa artis sexsy Indonesia bugil. kunjungi situs kami di https://metacooling.club/
    Foto Abg Bugil

    ReplyDelete
  19. hello bro, visit our site too bro. to play online slot gambling. https://qqtiktokslot.com/rekomendasi-bandar-slot-online-terpercaya-jaminan-jackpot-100
    bandar slot online terpercaya

    ReplyDelete
  20. This blog is useful as well as informative. Keep sharing such blogs I really like your posts.
    3d product modeling

    ReplyDelete
  21. ketika anda bermain dalam link http://188.114.232.104 dipastikan anda harus bermain dalam bandarq dimana anda bisa menjadi bandar dan mendapatkan kemenangan dengan mudah ketika bermain.

    ReplyDelete
  22. Thanks for the valuable information and insights you have so provided here.
    best houseboat tours in Kerala

    ReplyDelete
  23. Untuk anda yang bermain dalam link http://188.114.230.41 anda harus bermain dalam server pkv games dimana ini akan menjadi awal yang luar biasa bagi anda ketika bermain.

    ReplyDelete
  24. Very good article, I often read articles on topics like this but never this good. Don't forget to read our article which is certainly no less interesting.

    piala eropa 2021
    casino indonesia

    ReplyDelete
  25. instagram
    instagram login
    http://eshbrooklyn.com
    instagram video download
    instagram download
    instagram reels download
    instagram reels video download
    instagram story saver
    instagram bio for girls
    instagram app
    instagram account delete
    instagram autofree.in
    instagram apk
    instagram account
    instagram account hacked
    instagram account delete permanently
    instagram auto liker
    instagram bio
    instagram bio for boys
    instagram bio in punjabi
    instagram bio in punjabi for girl
    instagram bio for boys attitude
    instagram background
    instagram blue tick copy
    instagram captions
    instagram captions for boys
    instagram captions for girls
    instagram captions in punjabi
    instagram create new account
    instagram customer care
    instagram change password
    instagram customer service number
    instagram dp
    instagram download video
    instagram delete account
    instagram download for pc
    instagram download apk
    instagram dp for girls
    instagram delete my account permanently
    instagram email
    instagram emoji
    instagram email id
    instagram engagement checker
    instagram extension for chrome
    instagram engagement calculator
    instagram email address
    instagram earn money
    instagram followers
    instagram followers free
    instagram fonts
    instagram followers increase
    instagram forgot password
    instagram followers hack
    instagram fake followers
    instagram font style

    ReplyDelete
  26. https://www.google.co.za/url?q=https://freebet123.com/

    ReplyDelete
  27. GitarTogel memberikan keuntungan ratusan juta rupiah setiap hari, daftar dan main sekarang juga

    ReplyDelete
  28. Sebagai situs informasi terlengkap BETGRATIS selalu menjamin untuk memberikan berbagai informasi terbaik dan terlengkap di indonesia mulai dari info freebet freechip slot terbaru hingga link alternatif situs game slot online CEKISLOTS

    ReplyDelete
  29. Terima kasih, metode pemecahan masalah

    ReplyDelete
  30. Bonus bez depozytu jest bardzo korzystny zarówno dla początkujących, jak i doświadczonych graczy. Użytkownicy szczególnie szukają kasyna, które ma możliwość gry bez depozytu. Faktem jest, że takie bonusy:

    ⦁ są uzyskiwane bardzo szybko i prosto (wystarczy przejść przez autoryzację na stronie z grami i potwierdzić swoje dane);
    ⦁ pozwalają nie ryzykować swoich pieniędzy (oczywiście żaden automat nie zawsze może być wygrany, więc możesz stracić depozyt, ale bonus pomoże ci sprawdzić, czy warto w ogóle rozpocząć grę na konkretnej slot machines free);
    ⦁ pokaż prawdziwą grę za pieniądze, abyś mógł ocenić swoje mocne strony i zrozumieć, jak działa ten lub inny slot online free!
    Ponadto bonus bez depozytu pomaga poznać wiele dodatkowych opcji maszyny, którą wybrałeś. A jeśli uzupełnisz swoje konto i zaczniesz grać z depozytem, ​​wygrane pieniądze wkrótce staną się twoje. Bonus bez depozytu zwiększa szansę na kilkukrotną wygraną.

    Więcej informacji o bonusach można znaleźć na https://ggbet-bonus.com/

    ReplyDelete
  31. keluaran paito hk terlengkap dan terpercaya


    PAITO SGP
    PAITO SDY
    PAITO HK

    ReplyDelete
  32. Jangan lewatkan aksi live streaming pertandingan sepak bola dan bola basket di BGIBOLA. Kunjungi situs sekarang untuk menikmati semua kegembiraan di lapangan dan lapangan basket. Tetap terupdate dengan acara olahraga favorit Anda!

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
;