Kamis, 02 Agustus 2012

TEORI POLITIK KEDAULATAN


A. Teori Kedaulatan Rakyat
  1. Dalam membahas teori kedaulatan terdapat berbagai teori yang pada umumnya menekankan pada kekuasaan sebagai suatu tandingan atau perimbangan terhadap kekuasaan penguasa atau kekuasaan tunggal.
  2. Penerapan kedaulatan rakyat di Indonesia diwujudkan dalam berbagai segi kehidupan kenegaraan menurut UUD 1945: Kedaulatan rakyat di bidang politik. Hak-hak azasi manusia dan faham kekeluargaan. Struktur kedaulatan rakyat yang dipandang dari: bentuk geografis jumlah penduduk suatu negara, Pemilu sebagai sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat, Berserikat dan berorganisasi sebagai salah satu implementasi kedaulatan rakyat dan Kedaulatan rakyat dibidang ekonomi.
  3. Kedaulatan rakyat menurut Konstitusi RIS 1949 dimiliki oleh negara.
  4. Kedaulatan rakyat menurut UUDS 1950 meliputi Kedaulatan rakyat di bidang politik dan Kedaulatan rakyat di bidang ekonomi.

B. Teori Kedaulatan Intern dan Ektern
  1. Kedaulatan intern yang memperlihatkan batas lingkup kekuasaan negara yang berbentuk fisik. Batas kedaulatan ini meliputi :
    • Kedaulatan bidang politik
    • Kebebasan kemerdekaan
    • Keadilan
    • Kemakmuran atau kesejahteraan
    • Keamanan.
  2. 2. Kedaulatan ekstern yang dominan menunjukkan pada kebebasan negara dan kekuasaan-kekuasaan negara lain yang tidak dijajah oleh negara lain.
Kedaulatan ekstern ini dalam penerapan pada saat negara memutuskan untuk melakukan hubungan kerja sama dengan negara lain dalam bidang tertentu.
Di mana kerja sama itu kedua negara menempatkan diri secara merdeka dan kedua-duanya merasa memperoleh keuntungan akibat dari hubungan tersebut.

C. Teori Kedaulatan De Fakto dan De Jure
Kegiatan Belajar 3 membahas tentang :
  1. Teori kedaulatan de facto.
Teori kedaulatan ini menunjuk pada pelaksanaan kekuasaan yang nyata dalam suatu masyarakat merdeka atau telah memiliki independensi.
Dalam bahasan ini difokuskan pada:
    • Kedaulatan de facto yang tidak syah
    • Kedaulatan de facto yang syah.
  1. Teori kedaulatan de jure.
Dalam teori politik, kedaulatan de jure menunjuk pada pengakuan suatu wilayah atau suatu situasi menurut hukum yang berlaku. Oleh karena itu kajian kedaulatan de jure lebih menitikberatkan penggunaan aspek hukum sebagai dasar yuridis formal atas hak politik warga negara dan wilayah negara dengan penguasa negara.

Semoga bermanfaat


2 komentar:

  1. makasih informasinya...cz dah membantu saya dalam menyelesaikan tugas mata kuliah.

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
;