Sabtu, 30 Juni 2012

Abstrak Skripsi: KARAKTERISTIK PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA AKTIVIS ORGANISASI INTRAKAMPUS DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA


KARAKTERISTIK PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA AKTIVIS ORGANISASI INTRAKAMPUS DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Oleh:
Ardi Widayanto
ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Motivasi mahasiswa aktivis mengikuti kegiatan organisasi intrakampus di  Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi UNY; (2) Prestasi akademik mahasiswa aktivis sebelum dan selama mengikuti kegiatan organisasi intrakampus di Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi UNY; (3) Karakteristik prestasi akademik mahasiswa aktivis organisasi intrakampus di Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi UNY.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai interviewer dengan pedoman wawancara. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang aktif dalam kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa dan Himpunan Mahasiswa yang ada di FISE tahun kepengurusan 2011. Penentuan subjek penelitian  menggunakan teknik purposive sampling. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan wawancara semi-terstruktur dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik cross-check. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data induktif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Motivasi mahasiswa aktivis mengikuti kegiatan organisasi intrakampus adalah ingin menambah pengalaman dan ilmu dalam berorganisasi, mengisi waktu luang, ingin menambah teman dan jaringan; (2) Prestasi akademik mahasiswa aktivis sebelum dan selama mengikuti kegiatan organisasi sebagian besar mengalami peningkatan, dan sebagian kecil yang mengalami penurunan prestasi. Peneliti mengidentifikasi ada dua hal pengaruh kegiatan kemahasiswaan terhadap prestasi yaitu peningkatan prestasi dan penurunan prestasi. Peningkatan prestasi akademik disebabkan oleh ilmu dan pengalaman yang didapat selama berorganisasi serta faktor kegiatan kurikuler. Penurunan prestasi akademik disebabkan mahasiswa belum bisa membagi waktu antara kuliah dengan kegiatan organisasi dan adanya masalah pribadi yang dialami oleh mahasiswa aktivis; (3) Karakteristik prestasi para mahasiswa aktivis menunjukkan bahwa mahasiswa aktivis mempunyai prestasi yang baik, terbukti dari prestasi mereka diatas IPK rata-rata Yudisium bulan Januari tahun 2012.

Kata kunci: Aktivis, Mahasiswa, Organisasi, Intrakampus, Prestasi, Akademik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
;