Wednesday 4 July 2012

TIPS MEMILIH NETBOOK (bagi anda ber-budget pas-pasan)


1. Jangan Alergi dengan Brand lokal dan China
Yang perlu diperhatikan saat memilih netbook brand lokal adalah layanan yang diberikan dan ketersediaaan spare part. Ada baiknya sebelum membeli anda juga mencari referensi di internet tentang performa dan daya tahan hardware netbook yang ingin anda beli sesuai dengan Merk dan tipenya.

2. Pilih Prosessor hemat Energi
Sesuai tema kali ini, prosessor hemat energi masih identik dengan Intel atom. Selain hemat energi, penghematan juga terjadi pada harga netbook. yang kabarnya netbook dengan prosessor intel atom lebih murah dari netbook dengan prosessor multimedia. Untuk masalah kecepatan prosessor jangan segan memilih kecepatan (frekuensi) prosessor yang rendah. Karena memang kita dengan uang terbatas memilih netbook karena faktor fungsional dan mobilitas bukan karena faktor multimedia atau gaming.

3. Wi-fi masih wajib dimiliki
Sesuai dengan namanya, netbook dari kata "network" dan "book". Ini mewajibkan adanya konektifitas ke internet baik bagi netbook premium maupun netbook kelas standart. wifi adalah koneksi standart yang wajib dimiliki. Untuk masalah koneksi yang lain seperti built in modem 3G, infra-red atau bluetooth bukanlah hal yang wajib bagi anda yang mengutamakan harga. Kabar baiknya, modem atau bluetooth eksternal semakin terjangkau harganya. Dengan harga 20 ribuan kita bisa mendapatkan usb bluetooth dongel. Bandingkan selisih harga netbook non bluetooth dengan netbook yang memiliki bluetooth! selisihnya mencapai ratusan ribu rupiah. Nah.. hemat yang mana??

4. RAM pas-pasan bukan masalah
Pilihlah netbook dengan memory RAM minimal 1Gb. Kapasitas ini sudah menjadi standart memory netbook pada umumnya. Memang  Microsoft Windows merekomendasikan RAM lebih dari 1Gb untuk operasi terbarunya (Windows 7). Namun kenyataannya netbook bermemori 1Gb, brand lokal sekalipun masih mampu menjalankan Windows 7 dengan normal.

5. Hard disk jangan terlalu besar
Yang perlu diperhatikan adalah pengguna netbook banyak berasal dari kalangan Pelajar, yang masih jelas dengan layar kecil si-netbook dan memilih netbook yang murah. Selain berisikan tugas-tugas, hard disk netbook sering diisi dengan file musik dan video berukuran besar. Namun jangan khawatir, netbook kelas standart pun sekarang sudah dipersenjatai dengan hard drive minimal 160GB. Jadi.. untuk meminimalisir harga netbook, pilihlah hard disk dengan ukuran minimal. Dan jangan memilih hard disk bertipe SSD (Solid State Drive) karena jenis hard disk ini umumnya berkapasitas kecil tapi berharga selangit.

6. Program bundling juga tidak apa-apa
Kalaupun tips diatas masih belum membuat anda puas, mungkin ada baiknya anda melirik program bundling (paket). Tidak seperti handphone bundling yang terkadang hanya bisa digunakan untuk sim card operator tertentu saja, netbook bundling bisa digunakan normal layaknya netbook pada umumnya.

7. Agak out-to date lebih murah
Kurang murah? Jika mencari harga yang lebih murah lagi, cobalah mencari netbook yang diluncurkan tahun yang lalu. Harga netbook biasanya akan jatuh saat muncul tipe baru yang populer. Untuk menghindari netbook refurbish jangan membeli netbook yang diluncurkan lebih dari 2 tahun yang lalu.


sumber: Disini

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
;