Rabu, 29 Agustus 2012

contoh Skripsi: PELAKSANAAN PENGAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM UPAYA PEMBENTUKAN WAWASAN KEBANGSAAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BERBAH SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk terdiri dari berbagai suku, ras, adat istiadat, bahasa, budaya, agama dan kepercayaan. Fenomena tersebut, sebenarnya dapat menjadi modal yang kuat apabila diolah dengan integritas bangsa yang tinggi, hal mana bangsa Indonesia tidak hanya dapat membangun dirinya untuk menjadi suatu bangsa yang utuh, tetapi juga layak untuk memperoleh tempat sebagai bagian dari dunia internasional, yang dapat hidup berdampingan dengan bangsa-bangsa lain di dunia.
Salah satu usaha yang mampu mencapai tujuan tersebut, adalah melalui pendidikan formal. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyatakan bahwa:
“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban yang bermanfaat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”(RI, 2003: 7).
Permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini adalah berlangsungnya pendidikan yang kurang bermakna bagi pembentukan wawasan kebangsaan siswa, yang berakibat merosotnya kualitas kepribadian dan kesadaran akan makna dari kehidupan. Jika hal itu diabaikan, maka menurunnya wawasan kebangsaan siswa pada masa mendatang merupakan suatu hal yang tidak dapat dibendung lagi oleh siapa pun.
Sebenarnya, menurunnya wawasan kebangsaan dikalangan siswa telah banyak dirasakan oleh masyarakat, maupun kalangan pendidikan itu sendiri. Berkaitan dengan kenyataan itu, pendidikan kewarganegaraan juga harus dapat menumbuhkan jiwa patriotik, mempertebal rasa cinta tanah air (nasionalisme), dan meningkatkan wawasan kebangsaan siswa. Widjaya yang dikutip oleh Masoer dkk. (2002: 97) menyatakan bahwa:
“Wawasan kebangsaan adalah cara pandang yang dilingkupi oleh rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan untuk mencapai cita-cita nasionalnya dan mengembangkan eksistensi kehidupannya atas dasar nilai-nilai luhur bangsa. Implementasi dan akualisasinya dari berbagai hal yang erat kaitannya dengan pemikiran yang menyangkut aspek kehidupan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, hukum dan hankam, untuk membawa bangsa kearah kehidupan yang lebih maju dan lebih baik, sesuai dengan komitmen kebangsaan itulah yang disebut wawasan kebangsaan”
Menurut pendapat Fadjar (2005: 70) pendidikan dapat dikatakan sebagai “wahana utama untuk memelihara serta menumbuhkan semangat kebangsaan itu, sebab pranata dan institusi pendidikan pada hakekatnya merupakan kekuatan pembangkitan gerakan watak semangat kebangsaan”. Adanya pelaksanaan pengajaran pendidikan kewarganegaraan diharapkan dapat memberi andil bagi pembentukan wawasan kebangsaan, pendidikan kewarganegaraan dapat membentuk warga negara yang baik, yakni warga negara yang sanggup melaksanakan hak dan kewajibannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

B.     Identifikasi Masalah
Pendidikan sebagai proses investasi sumber daya manusia dan moral social merupakan proses yang tidak mengenal akhir. Selama ini, bangsa Indonesia terus berupaya membenahi pendidikan nasional, yaitu pendidikan yang tumbuh dan berkembang di atas landasan kebudayaan nasional. Masyarakat, bangsa, dan negara yang kokoh dan kuat ikatan nasionalnya itu hanya mungkin terbentuk apabila terbangun dan dikembangkan atas dasar pendidikan pula. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, mewajibkan pendidikan kewarganegaraan diajarkan di setiap jenjang pendidikan, begitu juga di SMP Negeri 1 Berbah diajarkan pendidikan kewarganegaraan.
Pembentukan wawasan kebangsaan pada dasarnya dapat dipengaruhi oleh banyak faktor yang sangat terkait baik yang berasal dari dalam diri siswa (internal) maupun dari luar diri siswa (eksternal). Pada hakekatnya tidak ada faktor tunggal yang secara otomatis mempengaruhi pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa. Faktor-faktor yang dimaksud secara lebih konkret misalnya: akitivitas siswa dalam membaca buku pendidikan kewarganegaraan, sarana prasarana, eksistensi guru sebagai mediator dalam proses pembelajaran, pelaksanaan pengajaran pendidikan kewarganegaraan dan lain sebagainya.
Berdasarkan uraian di atas maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pelaksanaan pengajaran pendidikan kewarganegaraan dalam upaya pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011.

C.    Pembatasan Masalah
Suatu penelitian agar tidak terjadi kesalpahaman yang terlalu jauh haruslah ditentukan pembatasan masalah penelitian. Adapun pembatasan masalah dalam penelitian ini antara lain:
1.      Objek Penelitian
Yang menjadi objek penelitian ini adalah pelaksanaan pengajaran pendidikan kewarganegaraan dalam upaya pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011.
2.      Subjek Penelitian
Yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru pendidikan kewarganegaraan kelas VIII SMP Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011.

D.    Perumusan Masalah
Untuk memperoleh hasil yang baik dari suatu pemecahan masalah, haruslah ada kejelasan dari masalah itu sendiri. Kejelasan yang dimaksud dapat diwujudkan yang dalam istilah ilmiyahnya disebut problematik. Masalah pokok yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah:
1.      Bagaimana pelaksanaan pengajaran pendidikan kewarganegaraan dalam upaya pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011?
2.      Bagaimana realitas wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011?
3.      Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi upaya-upaya dalam pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011?

E.     Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui pelaksanaan pengajaran pendidikan kewarganegaraan dalam upaya untuk pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011.
2.      Untuk mengetahui realitas wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011.
3.      Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi upaya-upaya dalam pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011.

F.     Manfaat atau Kegunaan Penelitian
1.      Manfaat atau Kegunaan Teoristis
a.       Menemukan gambaran yang kongkret tentang pelaksanaan pengajaran pendidikan kewarganegaraan dalam upaya untuk pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011.
b.      Menemukan gambaran yang kongkret tentang realitas wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011.
c.       Menemukan gambaran yang konkret tentang faktor-faktor yang mempengaruhi upaya-upaya dalam pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berbah tahun pelajaran 2010/2011.
2.      Manfaat atau Kegunaan Praktis
a.       Memberi masukan yang berguna kepada para guru pendidikan kewarganegaraan untuk mengoptimalkan pelaksanaan pengajaran pendidikan kewarganegaraan, dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan di kalangan siswa.
b.      Memberi masukan penting kepada para pemimpin sekolah, guru pendidikan kewarganegaraan dan juga para siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam pelaksanaan pengajaran pendidikan kewarganegaraan yang berwawasan masa depan.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
;