Minggu, 23 Januari 2011

Pengertian Hukum Perdata


Pengertian Hukum Perdata
  1. Menurut Prof. Dr Ny Sri Soedewi Majhoen Sofwan
Hukum perdata adalah hukum yang mengatur kepentingan antar warga negara perorangan yang satu dengan warga lain dalam masyarakat yang menitikberatkan kepada kepentingan lain.
  1. Menurut Prof. R. Subekti, SH.
Hukum perdata adalah segala hukum pokok yang mengatur kepentingan-kepentingan perorangan.
  1. Menurut Wirjono Prodjodikoro
Hukum perdata adalah suatu rangkaian hukum antara orang-orang / badan hukum satu sama lain tentang hak dan kewajiban. Lebih lanjut beliau mengatakan kebanyakan para sarjana menganggap hukum perdata sebagai hukum yang mengatur kepentingan perorangan (pribadi) yang berbeda dengan hukum publik sebagai hukum yang mengatur kepentingan umum (masyarakat). (Prodjodikoro, 1975, hlm 7-11)
  1. Menurut Vollmar
Hukum perdata adalah aturan-aturan/norma-norma yang memberikan pembatasan dan oleh karenanya memberikan perlindungan pada kepentingan-kepentingan perseorangan dalam membandingkan yang tepat anntara kepentingan yang satu dengan yang lain dari orang-orang di dalam suatu masyarakat tertentu terutama yang mengenai hubungan keluarga dan lalu lintas. Hukum perdata disebut juga hukum sipil atau hukum privat.
  1. Menurut Asis Sofioedin
Hukum perdata adalah hukum yang memuat peraturan hukum yang meliputi hubungan hukum antara oarang yang satu dengan yang lain (antara subyek hukum yang satu dengan subyek hukum yang lain) didalam masyarakat dengan menitik beratkan kepada kepentingan perorangan.(Sofioedin, 1986, hlm 96)
  1. Menurut Van Dunne
Hukum perdata adalah suatu peraturan yang mengatur tentang hal-hal yang sangat esensial bagi kebebasan individu seperti orang dan keluarganya, hak milik dan perikatan, sedangkan hukum publik memberikan jaminan yang minimal bagi kehidupan pribadi.
  1. Menurut Sudikno Mertokusumo
Hukum perdata adalah hukum antara perorangan yang mengatur hak dan kewajiban perorangan yang satu terhadap yang lain didalam pergaulan masyarakat. Pelaksanaannya diserahkan kepada masing-masing pihak.
  1. Menurut Mr. H. Th. Ch. Kal
Hukum perdata adalah gabungan-gabungan peraturan hukum yang berlaku dalam hubungan-hubungan antara warga yang satu dengan yang lain.
  1. Menurut Riduan Syahrani
Hukum perdata adalah hukum yang mengatur hubungan hukum antara satu dengan orang lain di dalam masyarakat yang menitikberatkan kepada kepentingan perseorangan (pribadi).

Kesimpulan
Hukum perdata adalah rangkaian peraturan-peraturan hukum yang mengatur hubungan hukum di dalam masyarakat antara orang yang satu dengan orang lain dengan menitikberatkan pada kepentingan perseorangan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
;